Sabtu, 01 Oktober 2011

Tugas Lintas Budaya

 NAMA : ANDRANINGSIH
KELAS : 3PA04
NPM : 10509623





1. Pengertian penelitian Lintas Budaya : penelitian lintas budaya berfokus pada kajian tentang berbagai bentuk interaksi antara individu-individu dari berbagai kelompok budaya yang berbeda. Penelitian ini mengambil interaksi manusia sehari-hari sebagai bagian dari budaya yang perlu dicermati karena, sebagaimana halnya dengan pemahaman antropologis yang memandang budaya sebagai keseluruhan cara hidup (way of life).

2. Apa hubungannya lintas budaya dengan ilmu lain ( contoh antropologi, sosial, dll. Berikan contoh nya! ) : Lintas budaya mempelajari tentang manusia dengan budaya-budaya yang mereka miliki sendiri. Beraneka ragam budaya yang ada diDunia. Sama halnya dengan Lintas Budaya, Antropologi juga mempelajari tentang manusia dengan budayanya.

3. Seperti apakah Etnosentri dalam psikology ? - Menurut Matsumoto (1996) etnosentrisme adalah kecenderungan untuk melihat dunia hanya melalui sudut pandang budaya sendiri. Dengan adanya etnosentrisme, kelompok yang terlibat konflik dengan kelompok lain akan saling dukung satu sama lain.

4. Kesamaan dan perbedaan antar budaya dalam hal transmisi budaya melalui enkulturasi dan sosialisasi ?    Kesamaan antara enkulturasi dan sosialisasi dalam hal transmisi budaya yaitu dimana enkulturasi dan sosialisasi sama-sama memperkenalkan budaya baru pada masyarakat
Perbedaanya yaitu bila enkulturasi adalah proses pengenalan norma yang berlaku dalam masyarakat tanpa mencampuradukannya dalam budaya asing. Sedangkan sosialisasi adalah proses bagaimana seorang individu memperkenalkan norma – norma yang ada di masyarakat agar bisa di terima oleh masyarakat.

       a. Kesamaan dan perbedaan antar budaya dalam hal transmisi budaya melalui masa remaja -
           Kesamaan - Remaja adalah golongan manusia manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan  pengembangan kearah yang lebih baik, jadi remaja harus dibimbing dalam mempelajari budaya, karena transmisi budaya biasa nya terjadi melalui proses meniru atau ikut-ikutan. Perbedaannya Remaja mempunyai caranya masing-masing untuk mempelajari budaya. Misalnya dengan mencontoh budaya yang dia lihat sendiri.


       b.Kesamaan dan perbedaan dlm hal transmisi budaya dalam perkembangan moral -  Perkembangan moral didasarkan terutama pada penalaran moral dan berkembang secara bertahap.

       c.Kesamaan dan perbedaan dlm hal transmisi budaya melalui konteks sosial dan masyarakat -  bahwa budaya pun perlu melalui konteks sosial dan masyarakat,karena melewati kontekosial itulah budaya berkembang.

      d.Kesamaan dan perbedaan antar budaya dlm hal transmisi budaya dalam hal konfromitas - Kesamaan : masyarakat disuatu tempat yang mematuhi peraturan yang ada disuatu lingkungan. Perbedaan : masyarakat disuatu tempat yang tidak mau mematuhi peraturan disuatu lingkungan.




sumber: www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar